Kawah Ijen

Ijen atau yang dikenal sebagai Kawah Ijen merupakan situs wisata yang tepat untuk para pecinta alam dan pendaki gunung. Karena keindahannya pula, ribuan wisatawan baik domestik maupun asing, setiap tahunnya datang untuk menikmati pesona kawah yang berada di wilayah Bondowoso, Jawa Timur ini. Bila datang ke sini, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melihat Kawah Ijen dari puncak Gunung Ijen. Pemandangan dari puncak ini akan sangat menakjubkan. Inilah salah satu hal yang membuat para pencinta alam menjadi tertarik untuk menjelajahi Gunung Ijen.

Selain sebagai tempat rekreasi yang indah di kawasan Bondowoso, kawasan Gunung Ijen sering dijadikan tempat berkemah bagi anak-anak muda dan Anda tampaknya juga harus mencoba hal ini. Salah satu hal yang ditunggu-tunggu bila berkemah adalah saat sunrise dan sunset. Pada waktu matahari terbit terutama, Kawah Ijen yang berwarna hijau kebiruan akan menghadirkan perpaduan indah saat cahaya matahari yang berwarna keemasan memantul di kawahnya.

Pemandangan menakjubkan juga bisa Anda peroleh dengan menyaksikan keindahan Gunung Merapi yang berdekatan dengan Gunung Ijen. Berbagai tanaman yang hanya ada di dataran tinggi juga dapat Anda temukan, seperti bunga Edelweis dan cemara gunung. Pesona lain di lokasi wisata Kawah Ijen adalah danau belerang yang dikelilingi oleh dinding kawah gunung berapi. Sumber belerang ini merupakan mata pencarian para pengumpul belerang. Kegiatan pengumpul belerang yang biasa mendaki di pagi hari dan kembali siang hari, menjadi daya tarik tersendiri terutama bagi Anda para penggemar fotografi. Kegiatan pengumpul belerang yang membawa keranjang berisi belerang murni dari sebuah tambang di tepi danau di bawah bayang-bayang dinding kawah terjal akan menjadi objek foto yang menarik.

Selain itu, Anda juga bisa membeli beberapa souvenir berupa patung belerang dengan harga berskisar Rp5.000-Rp10.000. Yang harus diingat, patung ini sangat rapuh sehingga Anda harus hati-hati membawanya. Kawah Ijen sendiri adalah sebuah danau kawah yang bersifat asam dengan ketinggian 2368 meter di atas permukaan laut, kedalaman danau 200 meter dan luas kawah mencapai 5466 Hektar. Kawah Ijen berada dalam wilayah Cagar Alam Taman Wisata Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Dataran Tinggi Ijen dapat dijangkau melalui Bondowoso baik dari wilayah utara atau pantai selatan.

Tempat ini sebenarnya juga bisa dijangkau dari Banyuwangi, tapi jalanan yang harus dilalaui sangat curam. Kebanyakan orang biasanya mulai berjalan di 8 kilometer terakhir di sepanjang jalan menuju pos Paltuding (Post PHPA, titik awal perjalanan ke kawah) dari Bondowoso. Untuk menuju Kawah Ijen, Anda harus menyusuri jalan setapak menyusuri tebing kaldera. Jangan lupa untuk membawa penutup hidung karena kadang asap belerang tertiup angin melewati jalur tersebut.

%d bloggers like this: